Sunday, February 28, 2016

Penyesalan Orang Tua Karena Mendoakan Jelek Pada Anaknya

Mutiara kalam nasihat dari Al Habib Zain bin Smith untuk para orang tua.

Seyogyanya bagi para orang tua mendoakan yang baik-baik untuk anaknya, bukan mendoakan keburukan baginya. Karena doa orang tua dikabulkan oleh Alloh swt, lebih-lebih jika bertepatan dengan waktu-waktu mustajabah.

Sering kita mendengar banyak cerita, orang tua mendoakan keburukan pada anaknya dan akhirnya doa itu di kabulkan oleh Alloh swt. Seharusnya jika anak buruk akhlaknya, doakan dengan "yarhamuka (semoga di rahmati), yahdika (semoga mendapat hidayah) atau doa-doa lain yang baik.

Diceritakan oleh sebagian Ulama bahwa, ada orang sowan mengadukan keburukan ahlak anaknya. Setelah di tanya, apakah pernah mendoakan jelek pada anaknya, dia menjawa ya. Itu adalah kesalahnya karena telah mendoakan keburukan bagi anaknya.

Wajib bagi para orang tua membantu anak agar berbuat baik padanya. Jangan menyuruh anak melakukan sesuatu yang tidak mampu untuk dikerjakan. Berkatalah yang baik dengan penuh lemah lembut terhadap anak dan maafkanlah dosa-dosanya.

Dalam sebuah Hadist, Nabi saw bersabda:

رحم الله والدا اعان ولده على بره. قالوا: كيف يارسول الله؟ قال يقبل احسانه ويتجاوز عن إساءته
Allah swt merahmati orang tua yang membantu anak agar berbakti padanya. Para sahabat bertanya "bagaimana itu wahai Rosulullah?" Menerima kebaikan dan memaafkan kesalahannya.

Jagalah, perhatikanlah, didiklah anak kalian dengan pendidikan yg baik dan jagalah mereka dari teman yang buruk. Mudah-mudahan Allah menjaga anak-anak kita dari keburukan.
Amiin..

No comments:

Post a Comment