Sunday, February 28, 2016

Berbahagialah Bagi Yang ber Uban

Pada tahun 2012 yang lalu, seorang peneliti bernama Ismael Galvan dari Museo Nacional de Ciencias Naturales, Spanyol melakukan studi penelitian tentang uban. Hasilnya ternyata uban merupakan tanda-tanda akan memiliki hidup panjang dan sehat. Uban menandakan absennya melanin. Artinya, uban merupakan tanda hidup yang sehat. “Jauh dari tanda terkait penuaan, uban mengindikasikan kondisi yang baik,” pungkasnya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda
“Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu derajat,” (HR. Ibnu Hibban)

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, Rasulullah saw “Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban—walaupun sehelai—dalam Islam melainkan setiap ubannya akan dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan derajatnya,” (HR. Al Baihaqi)

Jadi berbahagialah bagi yang mempunyai uban, karena merupakan tanda kebahagian di dunia dengan nikmat hidup sehat dan panjang umur. Juga merupakan tanda kebahagian di akhirat dengan pahala dari Alloh swt.

No comments:

Post a Comment