Saturday, February 6, 2016

Ngapaiin.. Berkunjung Kepada Orang Sholih?

Berkunjung kepada orang sholeh tentu banyak manfaatnya. Dengan berziarah kita sudah menjalin hubungan baik dengan mereka. Kita bisa mendapat ilmu, wejangan arti hidup, doa dari mereka dan yang lebih penting dari itu adalah rekaman nama kita dihati mereka.

Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi dalam kitabnya Kanzuz Sa'adah Al Abadiyyah berkata;

اجتهد ان تكون فى قلب العارف اعظم من ان يكون فى قلبك، لانك اذا كنت فى قلبه وامطرت امطار الفضل الالهى شركته فيها.
"Berusalah kamu berada dihati orang arif melebihi Dia berada dihati kamu, karena jika anugrah Alloh turun kepada orang arif sedangkan kamu ada di hatinya maka kamu juga mendapat bagian dari anugrah tersebut"

Anjuran ziarah tidak terbatas kepada orang soleh yang masih hidup namun anjuran ini termasuk kepada orang soleh yang sudah meninggal.

Banyak hadist menyebutkan bahwa orang mati bisa melihat dan mendengar percakapan orang hidup. Mereka tahu siapa yang sering menziarahi mereka dan kirim fatihah untuk mereka. Jika kita berdoa dan bertawassul dengan orang soleh tentu mereka bisa mendengar doa kita dan bisa membantu memohonkan doa kepada Alloh untuk kita.

Menurut Habib Abdulloh Al Haddad bahwa ruang gerak seorang wali ketika sudah meninggal lebih luas dari pada ketika masih hidup, karena mereka masih disibukkan dengan keluarga dan hukum taklif. Sedangkan ketika sudah meninggal mereka terbebas dari belenggu itu.

Dalam kitab Risalah Ahli Sunnah wal Jamaah karangan KH. Ali Maksum terdapat sebuah hadist yang artinya;
"Disetiap kuburan para wali, Alloh mengutus satu Malikat yang bertugas mengambulkan doa orang yang berdoa di makam mereka".

Wallohu a'lamu bis showab.
Semoga berkah..

No comments:

Post a Comment