Tuesday, March 22, 2016

PENGERTIAN BAROKAH

Barokah adalah sesuatu yang di inginkan oleh hampir semua orang yang beriman. Orang yang mendapatkan barokah, dia akan mendapatkan limpahan kebaikan dalam hidupnya.

Barokah bukanlah cukup dan mencukupi saja,tapi barokah ialah bertambahnya ketaatan kepada Alloh swt dalam segala keadaan, baik berlimpah atau sebaliknya.

البركة تزيدكم في الطاعة
Artinya: barokah adalah sesuatu yang menjadikanmu lebih taat dari pada sebelumnya.

Hidup yang barokah bukan hanya sehat, tapi kadang sakit itu justru barokah sebagaimana Nabi Ayyub as, sakitnya menambah ketaatannya kepada Alloh swt.

Barokah itu tak selalu panjang umur, ada yang umurnya pendek tapi taatnya dahsyat seperti Mus'ab ibn Umair.

Tanah yang barokah itu bukan karena subur dan indah panoramanya, karena tanah yang tandus seperti Makkah punya keutamaan di hadapan Alloh swt tiada yang menandinginya.

Makanan barokah itu bukan yang komposisi gizinya lengkap, tapi makanan itu mampu mendorong pemakannya menjadi lebih taat setelah makan.

Ilmu yang barokah itu bukan yang banyak riwayat dan catatan kakinya, tapi yang barokah ialah yang mampu menjadikan seseorang meneteskan keringat dan darahnya dalam beramal dan berjuang untuk agama Alloh swt.

Penghasilan yang barokah juga bukan gaji yang besar dan bertambah, tapi sejauh mana ia bisa jadi jalan rizqi bagi yang lainnya dan semakin banyak orang yang terbantu dengan penghasilan tersebut.

Anak-anak yang barokah bukanlah saat kecil mereka lucu dan imut atau setelah dewasa mereka sukses bergelar, mempunyai pekerjaan mapan dan jabatan tinggi, tapi anak yang barokah ialah yang senantiasa taat kepada Rabb-Nya dan kelak di antara mereka ada yang lebih shalih dan selalu mendo'akan kedua Orang tuanya.

Semoga segala aktifitas kita hari ini barokah. Amiin..

No comments:

Post a Comment