Tuesday, February 16, 2016

Semut Penghantar Rizki Ulat Di Dasar Laut

Ketika Rasulullah saw menikah dan membawa istrinya ke rumah, beliau mengadakan walimatul 'ursi yang di hadiri oleh beberapa sahabat. Disaat menikmati hidangan walimah, para sahabat berbincang-bincang, sementara Nabi saw sedang sholat.

Setelah selesai melaksanakan sholat, Rasulullah saw bertanya kepada para sahabatnya, "Tentang apa yang kalian bicarakan?" Para sahabat pun menjawab, "Soal rizki Ya Rasulullah." Lalu Nabi Muhammad saw menceritakan kepada para sahabatnya suatu cerita yang di ceritakan oleh Malaikat Jibril as kepada beliau.

Pada suatu hari, ketika Nabi Sulaiman as sedang melaksanakan sholat di tepi laut, setelah selesai sholat, beliau melihat se ekor semut melata, mulutnya sedang menggigit  selembar daun hijau. Di lihatlah oleh beliau semut itu sedang berteriak-teriak. Ketika sampai di tepi air, keluarlah se ekor katak kemudian membawanya menyelam ke dasar laut. Setelah satu jam lewat, keluarlah si semut terapung di atas air, kemudian dengan rasa penasaran, Nabi Sulaiman as pun bertanya kepada semut kecil itu. "Apa yang kamu lakukan di dasar laut?". Semut menjawab "Di bawah dasar laut terdapat sebuah batu besar yang di tengah-tengahnya hidup seekor ulat dan aku di perintahkan untuk memberikannya makan. Setiap hari aku membawa makanannya dua kali, di antar oleh Malaikat yang menjelma sebagai katak dan membawaku ke dasar laut. Kemudian setelah selesai memberi makan ulat tersebut, di bawanya aku kembali ke permukaan laut. Di setiap kali sehabis makan rizki yang kubawakan, si ulat bersyukur kepada Allah swt dan berkata, "Maha Besar Allah yang telah menciptakan aku serta mentakdirkan aku hidup di dasar laut ini, tetapi tidaklah melupakan rizkiku".

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

ﻣَﻦْ ﺩَﻝَّ ﻋَﻠَﻰ ﺧَﻴْﺮٍ ﻓَﻠَﻪُ ﻣِﺜْﻞ ﺃَﺟْﺮِ ﻓَﺎﻋِﻠِﻪ
ِArtinya: “Barangsiapa menunjukkan kebaikan (kepada orang lain) maka baginya seperti pahala pelakunya (HR. Muslim)

No comments:

Post a Comment