Wednesday, December 30, 2015

Berkat (oleh-oleh) Maulid Nabi Barokah

Sudah lumrah dimasyarakat jika ada acara selamatan, hajatan, maulid Nabi dan lain-lain, biasanya dikasih berkat (oleh-oleh) dibawa pulang untuk keluarga.

Menurut masyarakat berkat mengandung barokah karena telah dibacakan do'a, maka jangan sampai dibuang atau dikasihkan ke ayam walaupun makanan dirumah jauh lebih enak dimakan. bisa saja berkat lebih banyak barokahnya dari pada makanan dirumah.

Benarkah berkat mengandung barokah? berikut ini adalah pendapatnya Imam Ma’ruf Al-Kurkhi rahimahullah;

من هيأ لأجل قراءة مولد الرسول طعاما وجمع إخوانا وأوقد سراجا ولبس جديدا وتعطر وتجمل تعظيما لمولده حشره الله تعالى يوم القيامة مع الفرقة الأولى من النبيين وكان في أعلى عليين ومن قرأ مولد الرسول صلى الله عليه وسلم على دراهم مسكوكة فضة كانت أو ذهبا وخلط تلك الدراهم مع دراهم أخر وقعت فيها البركة ولا يفتقر صاحبها ولا تفرغ يده ببركة مولد الرسول صلى الله عليه وسلم

“Barangsiapa menyajikan makanan untuk pembacaan Maulidir‐Rasul, mengumpulkan saudara‐saudaranya, menghidupkan pelita, memakai pakaian yang baru, wangi‐wangian dan menjadikannya untuk mengagungkan kelahiran Nabi saw, maka Allah akan membangkitkan pada hari qiyamat beserta golongan yang utama dari para Nabi dan ditempatkan pada tempat (derajat) yang tinggi.
Barangsiapa membaca maulid Nabi pada uang logam dari perak atau emas, kemudian dicampurkan uang tersebut dengan uang yang lain nya, maka akan menjadi berkah semuanya, tidak akan fakir orang yang mempunyai uang itu dan tidak akan putus uang dari tangannya sebab maulid nabi".

Maksud imam Makruf diatas keberkahan bukan khusus untuk uang saja, namun bisa untuk apasaja semisal makanan karena intinya adalah pembacaan maulid Nabinya bukan barang yang dibacakan.

Lebih baiknya lagi jika makanan dirumah dicampur dengan berkat maulid Nabi agar ketularan barokahnya.

Bagaimana jika hajatannya bukan maulid Nabi seperti walimah dan yang lainnya? Setiap pembacaan diacara hajatan biasanya sudah diracik oleh ulama dengan sholawat walaupun komposisinya lebih sedikit maka dari itu setiap berkat dari hajatan apasaja akan mengandung barokah.

No comments:

Post a Comment