Saturday, December 12, 2015

Utamakan Bersikap Santun Dalam Dakwah

Dahulu disaat umat muslim gempar dengan berita penistaan agama yang dilakukan oleh kurt westergaard karena telah membuat karikatur nabi Muhammad Saw, terbetik dihati habib Ali Zainal Abidin bin Abdurrohman Al Jufri untuk menemui Kurt di Denmark.

Beliau adalah salah satu murid kesayangan habib Umar bin Hafidz dan fokus dakwahya dibenua Eropa. Habib Ali orangnya santun, ramah dan penyayang kepada siapa saja hingga kepada non muslim sekalipun. Sifatnya mirip sekali dengan kakek buyutnya yakni Rosululloh Saw.

Ketika Kurt bertemu dengan habib, dia tampak gelisah dihadapan beliau. Berbeda dengan habib, beliau bersikap tenang, ramah dan selalu tersenyum.

Dia merasa heran, mengapa sosok yang mirip dengan karikatur nabi bersikap seperti itu. Tidak seperti kebanyakan umat muslim lainnya yang seakan-akan ingin membunuhnya.

Kurt bertanya kepada habib Ali “Mengapa anda menerima saya? padahal saya ini dicari-cari ummat Islam sedunia untuk dibunuh. Mereka menganggap saya menghina Rasulullah Saw, karena membuat gambarnya. Tapi ketika saya bertemu Anda, Anda tidak marah bahkan sebaliknya. Beliau menjawab dengan lembut “Mengapa saya harus marah kepada Anda? Apakah karena Anda menggambar karikatur Rasulullah Saw ?”. "Saya tahu anda berbuat demikian karena anda tidak kenal dengan Rosululloh. Seandainya kenal, tidak mungkin anda berbuat demikian". Dan juga seandainya anda bertemu dengan nabi, saya yakin beliau tidak akan marah pada anda". “Beliau Saw itu mempunyai sifat kasih sayang kepada setiap manusia, kepada umatnya, bahkan kepada musuhnya.

Kurt takjub atas apa yang dikatakan oleh habib. Dia memuji beliau dan merasa bangga karena telah bertemu dengannya.

Habib Ali Al-jufri dikenal sebagai da`i yang santun. Banyak dari para cendikiawan non muslim dari negara- negara Eropa sampai Amerika masuk agama Islam.

Habib Ali al-Jufri menghimbau kepada umat islam agar menyikapi para pencela Islam dengan santun, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw ketika dilempari kotoran oleh orang kafir.

Menurutnya sikap santun dan ramah serta penuh kasih, itu akan membuka mata orang-orang non muslim bahkan berdampak positif bagi umat islam yang tinggal di negara-negara berpenduduk minoritas muslim.

No comments:

Post a Comment