Saturday, December 5, 2015

Wali Alloh dapat mengetahui makanan halal dan haram dari baunya

Sebagian karomah yang diberikan Alloh kepada pengarang kitab Mizanul Kubro Al Arif billah Imam Al Sya'roni dapat membedakan mana makanan yang haram, syubhat dan halal dengan mencium baunya.

Jika makanan berbau harum berarti halal. jika berbau busuk, itu makanan haram. jika agak busuk baunya adalah makanan syubhat.

Karomah ini juga diberikan oleh Alloh kepada Alm. K.H. Abdurrahman Wahid yang akrab dipanggil gusdur.

Ketika Gus Dur berkunjung ke Australia menghadiri sebuah acara terkait dengan jabatannya sebagai ketua PBNU, beliau diinapkan dihotel karena acaranya berlangsung beberapa hari.

Di suatu pagi, Gus Dur bersama rombongan telah berada di depan meja makan. Mereka akan sarapan dengan hidangan yang telah disediakan oleh pihak hotel. Ketika Gus Dur akan menyantap sebuah daging, beliau tidak langsung memakannya, tetapi beliau menciumnya terlebih dahulu. Tiba-tiba beliau berkata, “ini jangan dimakan, ini daging babi”. Rombongan pun segera mencarikan makanan lain yang jelas-jelas halal.

ketika beliau berada diprancis disuguhi anggur putih, tapi ditolaknya dengan halus.

Ketika mengetahui sopirnya meminum segelas minuman yang mengandung kadar alkohol ringan, beliau menegurnya dengan keras, “kayak nggak ada minuman lain aja”.

Dalam setiap keadaan apapun Wali Alloh selalu menjaga makanannya, karena bisa saja jabatan Kewaliannya dicabut oleh Alloh jika tidak menjaga makanan halal dan haram.

Semoga kita dapat syafaat dari beliau Imam syarony dan Gus Dur kelak di Akhirat. Amiiin

Disarikan dari kitab Mizanul Kubro dan http://embunhati.com/kisah-gus-dur-tahu-itu-daging-babi-dengan-mencium-baunya/

No comments:

Post a Comment