Thursday, December 17, 2015

Keutamaan Sholat Dhuha dan Manfaatnya

Asslamu'alaikum. Bismillah Wal Hamdulillah. Wassholatu 'ala Rosulillah Wa Alihi Wa Man Walaah

Shalat dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan diwaktu dhuha. Yakni, ketika matahari terbit dan tingginya kira-kira satu tombak.

Shalat dhuha sangat dianjurkan oleh syariat. Menurut Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki dalam bukunya Khoshoisul Ummah Al Muhammadiyah sholat dhuha mempunya beberpa keutamaan, diantaranya;

1. “Barangsiapa selalu mengerjakan shalat dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)

2. “Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali dia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim)

3. “Barangsiapa yang shalat dhuha 2 rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa mengerjakannya sebanyak 4 rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah.
Barangsiapa yang mengerjakannya 6 rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu.
Barangsiapa mengerjakannya 8 rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat.
Barangsiapa mengerjakannya 12 rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.”(HR. At-Thabrani).

4. “Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, dimanakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

5. “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

6. “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim).

Adapun manfaat dari shalat dhuha diantaranya;

1. Dilancarkan rizkinya. Orang yang gemar dan rajin menjalankannya akan selalu dimudahkan oleh Allah Swt dalam urusan rezekinya. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw: “Shalat Dhuha itu dapat mendatangkan rezekidan menolak kefakiran. Dan, tidak akan ada yang memelihara shalat Dhuha melainkan orang-orang yang bertaubat.” (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

2. Sholat dhuha pengganti olahraga. Menurut para ahli kesehatan olahraga dipagi hari sangat baik, sebagai peregangan tubuh dan memperlancar aliran darah.
Sholat bisa menjadi pengganti dari olahraga, karena dari setiap gerakan sholat sudah mewakili gerakan-gerakan yang dianjurkan dalam olahraga.

Menurut  Dr. Ibrahim Kadzim, Gerakan teratur dari shalat menguatka notot berserta tendonnya, sendi serta berefek luar biasa terhadap sistem kardiovaskular.

3. Menghilangkan stres.

Shalat dhuha mampu menghilangkan resiko stress yang timbul karena kesibukan yang kita lalui. Dengan melaksannakan Shalat dhuha kita rehat sejenak dari segala aktifitas sehingga kita merasa rilek dan stres pun terhindarkan.

Masih menurut Dr. Ibrahim Kazim, menyatakan bahwa secara bersamaan, ketegangan dipikiran akan berkurang disebabkan komponen spiritual saat sholat, dengan adanya sekresien kefalin, endorphin, dinorfin dan semacamnya. Enkefalin dan endorphin merupakan zat sejenis morfin, termasuk opiat. Efek keduanya tidak berbeda dengan opiat lainnya. Zat semacam ini meredakan ketegangan. Bedanya, enkefalin dan endorphin merupakan zat alami yang diproduksi oleh tubuh, sehingga lebih bermanfaat dan terkontrol. Jika morfin non-alami bisa memberi rasa tenang dan senang namun kemudian ketagihan dan memberikan efek negatif bagi tubuh, maka endorphin dan enkefalin tidak. Zat ini memberi rasa tenang, rileks, bahagia, lega secara alami. Hasilnya, seseorang tampak jauh lebih pede, optimis, hangat dan menyenangkan.

Semoga bermanfaat. Amiiin

No comments:

Post a Comment