Wednesday, December 23, 2015

TANDA-TANDA NABI MUHAMMAD SAW HADIR DI MAJLIS MAULID

Menurut Al Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi (Muallif Simtu Al Durrar) tanda-tanda Nabi Muhammad Saw hadir disetiap majlis Maulid adalah Majelis itu diliputi ketenangan, kekhidmatan, kemuliaan, kewibawaan, dan keagungan.

Ada juga yang mengatakan bahwa tanda-tanda hadirnya Rasul Saw dalam acara Maulid adalah ada aroma wewangian yang khas yang tercium di hidung kita, walaupun Aroma dari wewangian tersebut tidaklah terlalu lama tercium.

Dalam kitab Al Ni'matul Kubro 'Alal 'Alam fi Maulidi Sayyidil Adam, Imam Ibnu Hajar Al Haitamy berkata:

اعتقاد قدوم روحه صلى الله عليه وسلم من عالم الارواح إلى عالم الشهادة وحضوره في المجالس التي يذكر فيها لا باس به في الدين

Meyakini kehadiran Rasulullah Saw dari alam ruh ke alam nyata dan hadir di majlis-majlis yang disebut nama beliau disana, bukanlah hal yang salah dalam keyakinan agama.

ولا بعد في وقوعه لأنه صلى الله عليه وسلم وإن كان جسده المقدس في قبره الكريم بالمدينة المنورة لكنه حي في قبره وروحه المقدسة كالشمس المنيرة لجميع الآفاق مشارقها ومغاربها

Dan tidak mustahil terjadi, karena Nabi Saw walaupun jasad sucinya berada di Madinah tetapi ruhnya hidup di kuburnya. Ruhnya yang suci seperti matahari menyinari seluruh penjuru alam, timur dan barat. 

وقد ثبت عن كثير من أهل الكشف اجتماعهم به صلى الله عليه وسلم يقظة وأخذهم العلوم والحكم عنه بلا واسطة مع فناء ديارهم

Sungguh terdapat keterangan dari banyak Ulama Ahli Kasyaf, bahwa mereka berkumpul dengan Nabi Saw dalam keadaan terjaga dan mereka mengambil ilmu dan hikmah dari beliau tanpa perantara

فلا يبعد أن تحضر روحه المقدسة عليه الصلاة والسلام في كل مجلس يذكر فيه وإن كان في مواضع كثيرة وبلدان متباعدة وهو أمر مسلم عند أهل الذوق الصحيح الكرام

Bukanlah sesuatu yang mustahil, Ruh Nabi yang suci hadir di setiap majlis yang disebut namanya walaupun ditempat yang jauh dan berbeda-beda. Ini adalah sesuatu yang diterima oleh Ahli Dzauq yang sohih dan yang mulya.

ويشهد بصحة ذلك ما ثبت في قصة المعراج من أنه صلى الله عليه وسلم اجتمع بالأنبياء في بيت المقدس ثم لما عرج به إلى السموات اجتمع بآدم ويحيى وعيسى وموسى وإبراهيم وغيرهم

Dalil yang membenarkan ini adalah kisah mi'rojnya Nabi Saw yang bertemu dengan arwah para Anbiya di Baitul Muqaddas. Ketika Nabi naik kelangit beliau berkumpul dengan Nabi Adam, Yahya, Isa, Musa, Ibrohim dan yang lain.

ومما يقرب ذلك القول أن ملك الموت الموكل لقبض الأرواح يتولى قبض أرواح من يموت في ساعة واحدة في مشارق الأرض ومغاربها وشمالها وجنوبها وهو ملك واحد بنص قوله تعالى :قُلْ يَتَوَفَىكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُم

Dan termasuk dalil yang dekat dengan perkataan itu, bahwa Malaikat Maut ditugaskan mencabut arwah orang yang mati dalam satu waktu di penjuru barat, timur, selatan dan utara. Dan yang mencabut cuma satu malaikat dengan keterangan firman Allah "Katakanlah, yang mematikan kalian semua (satu) malaikat maut yang ditugaskan untuk kalian semua".

قال الامام السيوطي رحمه الله : قد تحصل من مجموع الاحاديث ان النبي صلى الله عليه وسلم حي بجسده وروحه وانه يتصرف حيث شاء في اقطار الارض والملكوت وهو بهيبته التي كان عليها قبل وفاته، وانه يغيب عن الابصار كما غيبت الملائكة، فاذا اراد الله رفع الحجاب عمن اراد كرامته برؤيته رآه على هيئته.

Imam Al Suyuthi berkata: "Bisa disimpulkan dari hadits-hadits yang telah terkumpul, bahwa Nabi Muhammad Saw hidup dengan jasad dan ruhnya. Beliau bisa berbuat apapun di seluruh penjuru bumi dan malakut. Beliau masih sama persis seperti sebelum wafat. Beliau tidak terlihat oleh mata seperti halnya para malaikat. jika Allah berkehendak melepas hijab dari seseorang yang ingin dimulyakan dengan melihat Nabi, maka dia akan melihat Nabi sesuai dengan keadaannya."

No comments:

Post a Comment