Thursday, January 7, 2016

Kelezatan Beribadah & Mengikuti Nafsu

Ada seorang pemuda, dia seorang hakim yg dipandang mulia dan berwibwa kepada Syaikh Abi Yazid Al-Busthomi.

Dia bertanya "Wahai Syaikh, aku telah beribadah kepada Allah SWT selama 30 tahun akan tetapi aku tidak merasakan kelezatan sebagaimana orang sufi merasakannya. Saya dekat dengan orang sufi dan saya juga mencintai mereka akan tetapi saya tidak merasakan kelezatan seperti yang mereka ceritakan dan mereka rasakan, lalu apa jalan keluarnya wahai syaikh?,

Maka syaikh Abi Yazid berkata: "Ubahlah penampilanmu, engkau ganti pakaianmu dengan baju biasa, kemudian gantungkan di lehermu wadah yg berisi kacang dan pergilah ke pasar seraya berteriak-teriak, "wahai anak-anak kecil kemarilah, barang siapa yang menampar mukaku maka akan aku berikan satu kacang".

Kemudian pemuda itu berseru "Subhanallah!" ( seakan-akan dia tidak mau melakukan hal yg demikian ). Maka Syakh Abi Yazid Al Busthomy berkata" Engkau mengatakan Subahanallah itu adalah perbuatan Syirik, karena engkau memuji dirimu sendiri, bukan memuji Allah SWT, engkau tidak mensucikan Allah akan tetapi engkau Mensucikan Dirimu sendiri. Selagi engkau tidak mau merubah hawa nafsumu maka engkau tidak akan merasakan kelezatan beribadah.

Sebarkanlah!, semoga manfaat

No comments:

Post a Comment