Tuesday, January 26, 2016

Fatimah Kecil Membalas Tamparan Abu Jahal

Pada suatu hari Abu Jahal mendatangi rumah Nabi Saw, setelah mengetuk pintu, Sayyidah Fathimah Al Zahra yang membukakan pintu untuk Abu Jahal. Waktu itu Fatimah masih kanak-kanak. Karena tidak mendapati Nabi Saw, Abu Jahal nekat menampar wajah Sayyidah Fathimah kecil, lalu meninggalkannya dalam keadaan menangis.

Saat Rosululloh Saw tiba di rumah, Beliau bertanya kepada putrinya; "Apa yang membuatmu menangis wahai Putriku?". Sayyidah Fathimah kecil berkatamenjawab "Abu Jahal datang kesini mencariMu wahai Ayahku! Karena tidak mendapatiMu, maka ia menamparku". Rosululloh Saw pun berkata "Jika engkau tidak suka dengan hal itu, maka pergilah menemui Abu Sufyan!".

Sayyidah Fathimah kecil pun berangkat menemui Abu Sofyan (saat itu Masih Kafir). Lalu Sayyidah Fathimah kecil menceritakan kepada Abu Sufyan bahwa Abu Jahal telah memukulnya. Abu Sufyan pun mengajak Fathimah kecil menemui Abu Jahal, setelah bertemu, Abu Sufyan langsung memelintir tangan Abu Jahal hingga wajah Abu Jahal menunduk karena kesakitan. Lalu Abu Sufyan berkata kepada Sayyidah Fathimah kecil "Tamparlah wajahnya sebagaimana ia menampar wajahmu". Maka Sayyidah Fathimah kecil pun menampar wajah Abu Jahal, maka senanglah hatinya karena ia telah membalas perbuatan Abu Jahal". Abu Sufyan pun berkata kepada Abu Jahal "Wahai Abal Hakam! Jika kau punya urusan dengan ayahnya anak ini, maka temuilah Ayahnya, jangan lagi kau berani mengulangi perbutanmu kepada anak ini!". Abu Sufyan pun kemudian meninggalkan Abu Jahal dalam keadaan malu dan kesakitan.

Sayyidah Fatimah kemudian pulang dan menemui Ayahnya Saw, dengan wajah yang sangat senang. Rosululloh kemudian bertanya tentang apa yang terjadi, lalu Sayyidah Fathimah menceritakan, bahwa ia telah membalas perbuatan Abu Jahal.

Rosululloh Saw kemudian bersabda kepada Para Sahabat "Sesungguhnya Fathimah adalah dariKu, dan Aku adalah dari Fathimah. Barang siapa mencintaiNya maka berarti mencintaiKu, dan barang siapa menyakitiNya, maka berarti ia telah menyakiti Aku".

Kemudian Rosululloh Saw berdo'a "Yaa Alloh! Jangan Engkau lupakan kebaikan Abu Sufyan!".

Sumber: Ceramah Syeikh Sami, salah satu Murid dari Al Habib Abu Bakar Al Adni Al Masyhur

No comments:

Post a Comment