Wednesday, January 6, 2016

Buruk Sangka Bikin Malu

Berprasangka baiklah...

Andi dan Budi berteman sejak lama, mereka saling membantu jika tertimpa kesulitan.

Pada suatu hari Andi membutuhkan uang dan dia mau pinjam ke Budi. Dia kirim SMS;

Andi: Broo, aku lagi butuh 500 ribu, penting banget, darurat. Please, tolong pinjami aku dulu ya..".

Budi: Oke, tunggu sebentar kira-kira satu jam, nanti aku transfer ke Rekening kamu.

Andi: Ya aku tunggu, makasih ya..

Sudah dua jam Andi menunggu telepon dari Budi tapi tak ada kabar darinya. Andi semakin bingung karena uangnya sangat dibutuhkan sekarang.

Akhirnya Andi menelpon balik Budi dan ada jawaban "nomor yang ada tuju sedang tidak aktif atau berada diluar jangkauan cobalah beberapa saat lagi".

Berulangkali Andi menelpon Budi namun jawabannya tetap sama. "sebenarnya Budi niat bantu saya apa ngak sih" ujar Andi dalam hatinya".

Andi mencoba bersabar menunggu setengah jam lagi tapi tak ada kabar juga dari Budi. Dia merasa kecewa kepada sahabatnya itu, seharusnya jika dia ngak punya uang berkata jujur bukan memberi harapan ngak jelas seperti ini.

Andi mengirim SMS berisi kekecewaan pada sahabatnya itu, yang isinya "Selama ini aku tidak pernah mengecewakanmu bro, selama ini kita saling bantu, kita sudah seperti saudara, tapi kenapa sekarang engkau berbohong kepadaku? apa salahku padamu?".

SMS Andi masih dipending/belum terkirim mungkin karena ada gangguan sinyal.15 menit kemudian, Budi menelpon Andi "Halo" Budi belum memulai pembicaran Andi langsung menanyakan kenapa telponnya ngak diangkat-angkat. Jawab Budi "tunggu sebentar ya, ada SMS masuk, aku mau baca dulu takut penting".

Ternyata SMS yg tadi dikirim, baru saja sampai ke HP sahabatnya itu. Setelah dibaca, sahabatnya menelpon kembali dan berkata:

"Astaghfirullah, semoga Allah mengampunimu, broo.. Aku tidak bermaksud mematikan HP untuk berbohong padamu, aku mematikan HP karena aku sedang menjual HPku untuk membantu kebutuhanmu. Lalu, dari sisa penjualan, aku belikan HP second agar bisa menghubungimu".

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيراً مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ
"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa". (QS. Al Hujuraat:12)

Sebagian ahli Hikmah berkata; "seribu kesalahan karena berprasangka baik, itu lebih baik dari pada satu kesalahan karena berbrasangka buruk".

No comments:

Post a Comment