Sunday, January 31, 2016

SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANI, TIPS BERBAIK SANGKA KEPADA ORANG LAIN

Islam mengajarkan kita untuk bersifat Tawadhu' atau tidak merasa lebih baik dari pada orang lain. Berikut ini nasihat dari Sulthanul Auliya’ Syaikh Abdul Qodir Al Jailani agar kita selalu bersifat Tawadhu' dan tidak sombong:

1.Jika engkau bertemu dengan seseorang,  yakinilah bahwa dia lebih baik dari padamu, katakan dalam hatimu, “mungkin kedudukannya disisi Allah jauh lebih baik dan lebih mulia.”
2.Jika bertemu dengan anak kecil, katakan dalam hatimu, “anak ini belum bermaksiat kepada Allah sedangkan diriku telah banyak bermaksiat kepadaNya. Tentu anak ini jauh lebih baik dari padaku.”

3.Jika bertemu dengan orang tua, katakan dalam hatimu, “dia telah beribadah kepada Allah jauh lebih lama dari padaku, tentu dia lebih baik dari padaku.”

4.Jika bertemu dengan seorang yang berilmu, katakan dalam hatimu, “orang ini memperoleh karunia yg tidak aku peroleh, mencapai kedudukan yang tidak akan pernah kucapai, mengetahui apa yang tidak kuketahui dan dia mengamalkan ilmunya. Tentu dia lebih baik daripadaku.”

5.Jika bertemu dengan seorang yang jahil, katakan dalam hatimu, “orang ini bermaksiat karena dia jahil (tidak mengetahui), sedangkan aku bermaksiat kepadaNya dan aku mengetahui akibatnya. Aku tidak tahu bagaimana akhir umurku dan umurnya kelak. Dia tentu lebih baik dari padaku.”

6.Jika bertemu dengan orang kafir, katakan dalam hatimu, “aku tidak tahu bagaimana keadaannya kelak, mungkin pada akhir usianya dia memeluk Islam dan beramal soleh, dan mungkin boleh jadi pada akhir usiaku aku kufur dan berbuat buruk.”

No comments:

Post a Comment