Wednesday, November 25, 2015

Kitab tak ditelan Laut


KEIKHLASAN ulama2 SALAF .......
Imam Ibnu Ruslan menyelesaikan penulisan kitab Zubad di atas sebuah kapal yang berlayar di laut lepas. 
Dia di situ bersama banyak orang. Di saat orang lain tidur, makan dan minum, ia sendirian sibuk merampungkan kitab berupa syair-syair dalam fan fikih tersebut.
Pada saat kitab Zubad selesai ditulis, Imam Ibnu Ruslan mengikatkan batu di bagian atas dan bawah kitab itu. Dia ingin melempar kitab itu ke laut. 
Orang-orang di kapal saat melihat itu segera mencegahnya. Mereka merasa sayang, hasil kerja keras tulisan buah karya seorang ulama dibuang begitu saja. 
Namun ia tetap bersikukuh dengan niatnya.
"Biarkanlah. Jika kitab karanganku ini benar-benar ditulis ikhlas karena Allah, air laut tidak akan mampu merusaknya." katanya mantap.
Imam Ibnu Ruslan yakin akan kebenaran firman Allah dalam surat Al Qashash ayat 88,
كل شيء هالك إلا وجهه
Sebagian ahli tafsir mengartikan ayat tersebut dengan, setiap apapun akan hancur binasa kecuali diniatkan ikhlas karena Allah.
Karena keikhlasan pengarangnya, ombak berhasil membawa kitab tersebut ke tepi laut. Di tempat tersebut ada banyak nelayan mencari ikan. Kitab tersebut atas takdir Allah akhirnya tersangkut di jaring salah satu nelayan.
Nelayan tersebut kemudian membawa kitab yang ditemukannya diserahkan kepada salah seorang ulama di daerah itu. Ulama itu menerima kitab misterius tersebut dengan perasaan takjub.
Akhirnya dibacalah lembar demi lembar kitab yang diterimanya itu. Dia kagum dengan keindahan susunan dan bobot kualitas kitab madzhab Syafi'i itu. Ulama tersebut lantas memerintahkan untuk menulis dan menyebarluaskan kitab asing tersebut. Akhirnya kitab tersebut berkat keikhlasan pengarangnya, tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk di Indonesia.
Hal itu disitir oleh Ibnu Ruslan dalam Zubadnya,
والله أرجو المن بالإخلاص ¤ لكي يكون موجب الخلاص
* * *
Seperti itulah keikhlasan ulama-ulama terdahulu. Mereka menomorsatukan keikhlasan dalam mengarang kitab. 
Semoga Allah memberi keikhlasan kepada setiap langkah kita ... amin
sumber: komunitas facebook catatan manfaat

No comments:

Post a Comment