Wednesday, March 2, 2016

Sayyidina Husain cemburu Pada Sayyidina Hasan

Sayyidina Hasan dan Husain adalah cucu Rasulullah saw dari puteri bungsunya yang paling disayangi, yakni siti Fatimah Al Zahra dengan menantunya sayyidina Ali, yang juga merupakan Sahabat yang sangat di sayangi baginda.

Rasulullah saw pernah bersabda bahwa sayyidina Hasan adalah salah seorang penghuni surga dan yang paling mirip wajahnya dengan baginda. “Engkau menyerupai aku, baik dari bentuk rupamu maupun akhlakmu".

Bahkan Sayyidina Ali sendiri pernah berkata: "Hasan menyerupai Rasulullah dari dada sampai ke kepala. Tetapi Husain menyerupai Rasulullah di bagian-bagian lainnya, dari dada sampai ke bawah".

Pada suatu hari Husain kecil datang menemui ibunya, sayyidah Fathimah. Sambil menangis ia berkata, "Kakek (Muhammad saw) lebih mencintai kakakku Hasan". Jawab sayyidah Fatimah, "mengapa engkau berbicara seperti itu wahai anakku". Husain mengutarakan sebab kecemburuannya, "kakek sering mencium hasan di bibirnya sedangkan aku, kakek hanya mencium di leher".

Kemudian sayyidah Fathimah membawa Husain kepada Ayahnya, Muhammad saw dan menceritakan kecemburuan anaknya Husain. Rasulullah saw menatap tajam dan lama, lalu bersabda "Anakku Fatimah, Hasan selalu aku kecup di bibirnya, karena dia akan mati diracun oleh orang terdekatnya, dan seluruh isi perutnya akan keluar lewat mulutnya. Sedangkan engkau (Husain)..”.

Rasul saw menatap Husain lama sekali, beliau tidak bisa meneruskan ucapannya, dan pingsan beberapa saat. Setelah siuman beliau kembali menatap tajam sambil terus menangis berguncang dadanya, lantas berkata, “Sedangkan engkau, Husain, sering aku cium di lehermu karena engkau akan syahid dengan leher terputus".

No comments:

Post a Comment