Monday, March 7, 2016

HIKAYAT PENGINGKAR KITAB IHYA' ULUMIDDIN

Sekh Abul Hasan Ali bin Harzaham Al Maghribi adalah seorang ulama ahli fikih yang di taati dan masyhur di zamannya. Dia sangat ingkar terhadap kitab Ihya Ulumiddin karangan imam Al Ghazàli. Hikayat ini di ceritakan oleh imam Al Yafi'i yang terdapat di pinggiran kitab ihya' ulumiddin.

Pada suatu hari ia memerintahkan untuk mengumpulkan semua naskah kitab Ihya’. Dia hendak membakarnya di depan masid jami' se usai shalat jum'at, karena menurutnya isi kitab ihya' bertentangan dengan sunnah nabi.

Pada malam jum'atnya, beliau bermimpi seolah-olah masuk sebuah masjid dan melihat imam Ghazali bersama Rasulullah saw, Abu Bakar dan Umar.

Ketika Ibnu Harzaham mendekat, Al Ghazali mengadu kepada Rasulullah saw: “Ya Rasulallah! dia adalah lawanku. Jika apa yang terdapat dalam Ihya sesuai dengan prasangkanya, maka aku bertaubat kepada Allah. Jika Ihya’ adalah sesuatu yang aku hasilkan dari barakahmu dan karena mengikuti sunnahmu, maka ambilkan hakku dari lawanku itu”.

Kemudian Rasulullah saw mengambil kitab Ihya, membukanya perlembar dari awal hingga akhir, dan bersabda: “Demi Allah! ini adalah kitab yang baik”. Lalu kitab itu di ambil sahabat Abu Bakar kemudian Umar. Kedua pembesar sahabat ini berpendapat sama seperti sabda Rasulullah saw.

Selanjutnya Rasul memberi perintah untuk melepas gamis Ibnu Harzaham dan menghukumnya seperti layaknya hukuman bagi orang yang mengada-ada. Ketika pukulan mencapai lima kali, Abu Bakar meminta syafaat kepada Rasulullah dan berkata: “Ya Rasulallah! Barang kali ia menyangka bahwa Ihya’ bertentangan dengan sunnahmu, tetapi ia keliru”.

Ibnu Harzaham terbangun dan merasakan ada bekas pukulan di tubuhnya. Ia pun memberitahukan mimpi itu kepada murid-muridnya dan bertaubat kepada Allah atas inkarnya kepada Ihya’ dan Al Ghazali.

Bekas pukulan yang ia alami dalam mimpi masih dirasakannya dalam waktu yang lama, hingga membuatnya selalu beribadah kepada Allah dengan kerendahan hati, dan memohon syafaat dari Rasulullah, sampai akhirnya Rasul datang dalam mimpinya, mengusap bekas pukulan ditubuhnya. Dengan izin Allah bekas pukulan itu sembuh dan hilang.

Beliau Ibnu Harzaham melanggengkan muthala’ah kitab Ihya’, hingga Allah membuka pintu hatinya, mendapatkan ma’rifah kepada Allah dan menjadi salah satu ulama besar yang ahli dalam ilmu dzahir dan batin.

No comments:

Post a Comment