Monday, March 7, 2016

WAHHABI, KAFIRKAH?

Pada suatu hari, Kiai Azizi Hasbullah, beliau adalah ketua lajnah Bahtsul Masail PWNU jatim, sowan kepada KH Maimun Zubair.

Pak Azizi, sapaan akrab beliau, sempat bertanya kepada kyai maimun tentang kaum wahhabi yang suka mengkafirkan atau mensyirikkan kaum nahdhiyyin karena amaliyahnya, yang mana menurut beliau sendiri wahhabi adalah kafir karena telah mengkafirkan saudaranya sendiri.

Cerita ini di kisahkan sendiri oleh pak Azizi, sebagai selingan ketika acara seminar Nasional dan bahtsul masail Islam Nusantara di aula Rektorat Universitas Islam Negeri Malang Jawa Timur.

Ketika mendengar pertanyaan itu, Kiai Maimun langsung marah-marah dengan cara pandang Kiai Azizi ini. “Hei, Mas, sampean jangan ngawur. Wahabi itu bukan kafir, Mas, tapi berdosa. Lha, orang berdosa itu, yaghfiru liman yasyaa’ wa yu’addzibu man yasyaa’ (Alloh mengampuni orang yang di kehendakinya dan juga menyiksa orang yang di kehendaki pula). Kalau Allah mengampuni, ya masuk surga, kalau tidak di ampuni ya neraka,” kata Mustasyar PBNU ini.

“Kalau kafir kan pasti masuk neraka. Sampean ini jangan main hukum kafir begitu saja, wong sampean saja belum pasti masuk surga. Ngapain ngurusi orang lain,” tambahnya lagi.

Kiai Maimun lalu menghimbau kepada warga NU agar tidak terlalu ikut campur dengan perkataan orang lain. Baginya, yang penting adalah menjaga akidah diri sendiri. Mendengar jawaban Kiai Maimun tersebut, Kiai Azizi mengaku insaf dari asal menghukumi orang.

Disarikan dari berbagai sumber, di antaranya Nu online

No comments:

Post a Comment