Friday, September 16, 2016

MAYAT TERBELENGGU DI DALAM KUBURNYA AKIBAT MEMAKI SHAHABAT ABU BAKAR DAN UMAR RA



Abu Muhammad Abdullah bin Muhammad Al Faqih Al Hanbali berkata: "Ada beberapa orang berkumpul ditengah jalan, mereka hendak menuju ke Makkah sepanjang tahun ini. Salah satu dari mereka ada yang meninggal dan dia ahli shalat. Mereka ingin menguburkannya (namun tidak menemukan alat). Mereka melihat ke arah padang ada sebuah gubuk tak terawat.

Dihampirinya gubuk itu, ternyata disana ada penghuninya, seorang nenek tua. Digubuk mereka menemukan sebuah cangkul lalu meminjamnya. Nenek itu berkata “Dengan nama Allah berjanjilah kalian padaku untuk mengembalikannya”. Dan mereka berjanji untuk mengembalikannya. Kemudian dengan cangkul itu mereka menggali kubur lalu menguburkan mayat laki-laki tersebut. 
Mereka teringat pada janjinya untuk mengembalikan cangkul dan ternyata tertinggal didalam kubur. Dengan terpaksa mereka harus menggali lagi kuburan itu. Mereka kaget melihat cangkul itu membelenggu mayat laki-laki tersebut dari tangan menuju lehernya. Mereka buru-buru menutup kembali kuburan itu dan pergi menuju nenek tua yang telah meminjamkan cangkul dan menceritakan kejadian itu. Nenek tua berkata, “ لا اله الا الله " saya bermimpi Rasulullah menyuruhku menjaga cangkul itu dan memberi tahu bahwa cangkul itu akan menjadi belenggu bagi laki-laki yang telah menghina Abu Bakar dan Umar Ra.

Sumber: Al Asalibul Badi'ah fi Fadhailis Shahabah wa Iqna'is Syiah, karya Syekh Yusuf bin Ismail Al Nabhani

NB: Mohon dikomentari jika ada kesalahan dalam penerjemahan dan bahasa yang kurang cocok.

No comments:

Post a Comment