Monday, June 13, 2016

HUKUM MEMBACA FATIHAH DI DALAM SHALAT TANPA DISUARAKAN

Banyak terjadi dikalangan awam membaca Fatihah di dalam shalat tidak disuarakan. Apalagi sekarang musim shalat tarawih, mungkin karena terasa capek di lidah sehingga tidak disuarakan.

Bagaimana hukum membaca fatihah tanpa disuarakan?

Kebanyakan ulama berpendapat bahwa bacaan wajib seperti fatihah harus disuarakan sekiranya terdengar oleh telinganya sendiri.

Jadi, tidak sah bacaannya jika hanya menggerakkan bibir saja tanpa menyuarakannya.

Ini berlaku bagi orang yang mempunyai pendengaran normal. Bagi yang tidak mempunyai pendengaran normal cukup dengan mengkira-kirakan saja, seandainya telinganya normal, suaranya akan terdengar oleh kupingnya sendiri.

Begitu juga bagi orang yang shalat di tempat yang ramai maka dikira-kirakan saja.

Kewajiban mengeraskan suara berlaku untuk semua shalat baik shalat sirriyah seperti dzuhur dan ashar atau shalat jahriyyah

Menurut imam Al Kurkhi dan Ibnu Taimiyyah dari golongan Hanabalah dengan mengerakkan lisan tanpa ada suara sudah dianggap cukup. Yang terpenting huruf-huruf fatihah sudah keluar dari makhrajnya walaupun tidak terdengar suaranya.

Ulama Malikiyyah mengatakan, memperdengarkan suara tidak disyaratkan, maka cukup dengan menggerakkan lisan saja. Adapun membaca dalam hati tanpa gerak lisan tidak cukup.

Namun menurut mereka memperdengarkan suara sekiranya terdengar oleh kupingnya sendiri jauh lebih baik untuk menghindari khilaf ulama.

Kewajiban memperdengarkan suara tidak khusus pada fatihah saja, bahkan untuk semua bacaan wajib seperti takbiratul ikhram, tasyahhud akhir dan salam. Bacaan yang sunnah pun juga harus diperdengarkan jika ingin mendapat pahalanya dzikirnya.

واشترط الحنفية والشافعية والحنابلة لاعتبار القراءة أن يسمع القارئ نفسه، فلا تكفي حركة اللسان من غير إسماع؛ لأن مجرد حركة اللسان لا يسمى قراءة بلا صوت؛ لأن الكلام اسم لمسموع مفهوم، وهذا اختيار الهندواني والفضلي من الحنفية ورجحه المشايخ. واختار الكرخي عدم اعتبار السماع؛ لأن القراءة فعل اللسان وذلك بإقامة الحروف دون الصماخ؛ لأن السماع فعل السامع لا القارئ، وهو اختيار الشيخ تقي الدين من الحنابلة أيضا. ولم يشترط المالكية أن يسمع نفسه وتكفي عندهم حركة اللسان، أما إجراؤها على القلب دون تحريك اللسان فلا يكفي، لكن نصوا على أن إسماع نفسه أولى مراعاة لمذهب الجمهور. (موسوعة الفقهية)

يجب على المصلي أن يسمعه نفسه ـ يعني: التكبيرـ إماماً كان أو غيره، إلا أن يكون به عارض من طرش، أو ما يمنعه السماع، فيأتي به بحيث لو كان سميعا أو لا عارض به سمِعَه، ولأنه ذكر محله اللسان، ولا يكون كلاما بدون الصوت، والصوت ما يتأتى سماعه، وأقرب السامعين إليه نفسه، فمتى لم يسمعه لم يعلم أنه أتى بالقول، ولا فرق بين الرجل والمرأة فيما ذكرناه. (المغنى لابن قدامة)

فمن قرأ في قلبه في الصلاة فكالعدم، ولذلك يجوز للجنب أن يقرأ في قلبه، وقال ابن عرفة: وسمع سحنون ابن القاسم: تحريك لسان المسرّ فقط يجزئه، وأحبُّ إسماع نفسه. (شرح المدونة)

وأدنى الإسرار أن يسمع نفسه إذا كان صحيح السمع ولا عارض عنده من لغط وغيره، وهذا عام في القراءة والتكبير والتسبيح في الركوع وغيره، والتشهد والسلام والدعاء ـ سواء واجبها ونفلها ـ لا يحسب شيء منها حتى يسمع نفسه إذا كان صحيح السمع ولا عارض. (منهاج الطالبين)

No comments:

Post a Comment