Monday, June 6, 2016

NIAT PUASA SEBULAN PENUH

Ulama berbeda pendapat tentang niat puasa sebulan penuh. Syafiiyyah mengatakan tidak cukup karena setiap harinya adalah ibadah tersendiri dan niat puasa 1 bulan hanya mencukupi hari pertamanya saja. Maka dari itu diwajibkan niat puasa tiap malamnya. Sedangkan menurut imam Malik niat seperti itu sudah dianggap cukup.

Ulama Syafiiyyah walaupun mengatakan tidak cukup namun mereka masih menganjurkan niat puasa 1 bulan. Karena jika suatu hari kita lupa tidak niat, maka cukup dengan niat taklid pada imam malik agar setiap harinya tidak kosong dari puasa ramadhan, yang mana fadhilahnya sangat besar.

Atau bisa juga dengan taklid pada imam Abu Hanifah, karena menurut beliau jika lupa niat pada malam harinya diperbolehkan niat di padi harinya.

فلو نوى ليلة اول رمضان صوم جميعه لم يكف لغير اليوم الاول ، لكن ينبغى له ذلك ليحصل له صوم اليوم الذى نسي النية فبه عند مالك كما يسن له ان ينوى اول اليوم الذى نسيها فيه ليحصل له صومه عند ابى حنيفة و واضح ان محله ان قلد و الا كان متلبسا بعبادة فاسدة فى اعتقاده و هو حرام (كاشفة السجا ١١٧)
Jika niat puasa sebulan penuh di malam pertama ramadhan, itu hanya mencukupi hari pertama saja. Tapi sebaiknya itu dilakukan, karena bila suatu hari lupa tidak niat, maka dapat mencukupi puasa di hari yang terlupakan niatnya menurut madhab malik. Seperti halnya disunnahkan niat di pagi hari jika lupa agar bisa terhitung puasa menurut Abu Hanifah. Yang jelas harus ada niat taklid/mengikuti (imam Malik atau Abu Hanifah), bila tidak maka dianggap melakukan ibadah yang rusak dan itu haram.

قَوْلُهُ : ( التَّبْيِيتُ ) أَيْ كُلَّ لَيْلَةٍ عِنْدَنَا كَالْحَنَابِلَةِ وَالْحَنَفِيَّةِ وَإِنْ اكْتَفَى الْحَنَفِيَّةُ بِالنِّيَّةِ نَهَارًا لِأَنَّ كُلَّ يَوْمٍ عِبَادَةٌ مُسْتَقِلَّةٌ وَلِذَلِكَ تَعَدَّدَتْ الْكَفَّارَةُ بِالْوَطْءِ فِي كُلِّ يَوْمٍ مِنْهُ ، وَيُنْدَبُ أَنْ يَنْوِيَ أَوَّلَ لَيْلَةٍ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ أَوْ صَوْمَ رَمَضَانَ كُلَّهُ لِيَنْفَعَهُ تَقْلِيدُ الْإِمَامِ مَالِكٍ فِي يَوْمٍ نَسِيَ النِّيَّةَ فِيهِ مَثَلًا لِأَنَّهَاعِنْدَهُ تَكْفِي لِجَمِيعِ الشَّهْرِ ، وَعِنْدَنَا لِلَّيْلَةِ الْأُولَى فَقَطْ . (حاشية القليوبي)
(malam hari) yakni setiap malam menurut kita syafiiyyah seperti hanabalah dan hanafiyyah walaupun menurut hanafiyyah cukup niat di siang hari. Karena setiap harinya adalah ibadah tersendiri. Maka dari itu kafarat bertambah sebab melakukan jimak di setiap harinya. Disunnahkan pada malam pertama niat puasa sebulan ramadhan atau niat puasa ramadhan semuanya agar bisa mengikuti imam malik bila ada hari yang dilupakan niatnya karena menurut beliau niat tersebut bisa mencukupi 1 bulan. Sedangkan menurut kita (syafiiyyah) untuk hari pertamanya saja.

Contoh niat puasa 1 bulan

نويت صوم جميع ايام رمضان هذه السنة فرضا لله تعالى
Saya niat puasa semua hari ramadhan tahun ini karena Allah ta'ala..

No comments:

Post a Comment