Wednesday, April 13, 2016

GUS DUR DAN SALAM TEMPEL

murtajikarunia.blogspot.com~ Dalam pameran foto Kiai Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjelang Muktamar ke-33 di Jombang, Jawa Timur, ada sebuah foto menggelitik, yakni ketika mantan presiden RI ke empat itu menerima salam tempel dari umat sebesar Rp 5.000. Amplop itu dibuka di depan Megawati Soekarnoputri, dan keduanya nampak tertawa lepas.

Foto hasil jepretan Fotografer Koran Surya, Wahyudi Hari Widodo, itu menjadi salah satu karya yang dipamerkan di Rumah Baca MEP Jombang. Istri mendiang Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid hadir yang dalam pameran foto mengaku terkesan dengan foto tersebut.

Diceritakan Widodo, foto itu diambil sekitar tahun 1994, pada zaman Orde Baru. Foto diambil di kawasan Makam Sunan Ampel, Surabaya. Ketika itu, Gus Dur dijadwalkan datang ke makam sunan bersama Megawati. Namun Gus Dur ternyata memberi kabar tidak bisa datang, sehingga cuma Megawati saja yang nampak hadir. Pertemuan tokoh seperti itu pada zaman Soeharto memang bersifat rahasia.

Tapi uniknya ternyata mendadak Gus Dur muncul dari dalam komplek makam pada tengah malam. Dia lalu berjalan dan berhenti di dekat musala Ampel. Gus Dur lalu bertemu dengan umat yang datang berziarah di sana. Setelah bersalaman dengan umat dan mengambil sandal, Gus Dur lalu menerima salam tempel.

Setelah menerima salam tempel, Gus Dur lalu bertemu dengan Megawati. Di situlah momentum lucu itu berhasil dijepret Widodo yang akrab disapa Dodo AW itu. Waktu itu Gus Dur bilang ke Mega begini.

“Mbak saya dapat salam tempel dari umat.” Setelah dibuka amplop itu ternyata uang sebesar Rp 5000.“Keduanya lalu tertawa,” ujar Dodo AW.

Tidak mau kelewatan, Dodo lalu menjepret momentum lucu itu. Dodo mendapat foto ekslusif yang kemudian banyak dikutip oleh banyak orang.

Sumber: Merdeka.com

No comments:

Post a Comment