Monday, April 18, 2016

PONDOK BUKANLAH WASILAH MENUJU SURGA

murtajikarunia.blogspot.com~ Sekitar empat tahun yang lalu saya sowan kesyaikhina Maimoen Zubair. Ada seorang yang sowan juga ,minta restu mau buat pondok (saya kurang tahu persis apakah alumni atau bukan).

Dan saat itu beliau syaikhina ghodzob (marah) dan dengan suara yang lantang beliau dawuh:

والله العظيم الفوندوك ليس وسيلة الى الجنة، وإنما الوسيلة هى التعليم.
“Demi Allah Dzat Yang Maha Agung, pondok bukan wasilah ke surga,yang menjadi wasilah adalah ngajinya.”

Beliau meneruskan dawuh:

“Pondok iku donyo akeh kyai seng gak faham, mergo pondok iki nek kyaine mati, anake podo rebutan, iki ndudohno ne pondok iki ndunyo. Akidahku lan mbah mbahku kabeh ora podo ngarepno pondok. Aku mulang ihya’ lan ngaji liane neng atine ora ono sekelumit blas pengen due pondok.”

(Pondok itu termasuk bagian dari dunia, banyak kyai yang tidak faham, karna pondok itu kalau kyainya meninggal, anak anaknya saling berebut, itu menunjukan kalau pondok itu bagian dari dunia. Akidahku dan kakek-kakekku semuanya tidak menginginkan pondok. Saya mengajar kitab Ihya’ Ulumuddin dan kitab lainya, di hati tidak ada sekelumit pun ingin punya pondok)

Beliau Syaikhina akhirnya mewanti wanti:

“Pokoke seng kudu mok cekeli koe kudu ngaji lan mulang kitab salaf, Donyo ora bakal kiamat ne wong iseh podo ngaji”

(Pokoknya yang harus dipegang erat, kamu harus ngaji dan mengajar kitab salaf. Dunia tidak akan kiamat selama orang masih mau mengaji)

Semoga Allah selalu menganugerahkan kesehatan dan perlindungan-Nya, dan semoga kita bisa mendapatkan berkah dari ilmu dan keistiqomahan beliau. Amin.

Sumber: FB Ahmad Safiul Umam

No comments:

Post a Comment