Sunday, April 10, 2016

BERBAIK SANGKA KEPADA SIAPAPUN

murtajikarunia.blogspot.com Ada seorang ulama berpapasan dengan seorang yang meminum arak. Ulama itu memejamkan matanya dan beristighfar.

Muridnya bertanya, "Kenapa wahai Imam? apa yang terjadi? kenapa engkau istighfar? apakah dia adalah pendosa besar?." Ulama tersebut berkata, "Andai saja engkau bertanya kepadaku siapa dia, maka aku akan menjawab mungkin saja dia adalah wali Allah."

Muridnya keheranan dan bertanya lagi, "Bagaimana bisa seperti itu?" Ulama menjawab, "Wahai muridku, disaat dia bermaksiat dia adalah orang yang jauh dari Allah, tapi siapa yang mengira disaat aku lengah satu menit saja dia bertaubat kepada Allah dan taubatnya diterima, kemudian dia menjadi orang yang dekat dengan Allah sementara aku semakin jauh karena berburuk sangka kepada hamba Allah."

Salaf kita Alawiiyun mengajarkan, jika ada satu masalah orang lain yang Allah buka dihadapanmu, maka carilah 70 alasan hingga engkau keluar dari berburuk sangka.

Jika sudah tidak ada juga maka ketahuilah tidak ada gunanya engkau mengurusi urusan orang lain dan kau tidak akan menghasilkan apapun dari su'udzonmu kecuali dosa meskipun benar.

No comments:

Post a Comment