Thursday, May 19, 2016

MANFAAT MENDOAKAN ORANG LAIN

Pada suatu hari nabi Musa As berkeliling untuk melihat keadaan ummatnya. Beliau melihat ada seseorang yang sedang beribadah. Umur orang itu lebih dari 500 tahun dan Ia adalah seorang Abid (ahli ibadah).
Nabi Musa menyapa dan mendekatinya. Setelah berbicara sejenak, Abid itu bertanya, "Wahai Nabi Alloh, aku telah beribadah kepada Allah Swt selama 350 tahun tanpa melakukan perbuatan dosa. Dimanakah Allah Swt akan menempatkanku di Sorga-Nya? Tolong sampaikan pertanyaanku ini kepada Allah".
Nabi Musa mengabulkan permintaan sang Abid. Beliau As bermunajat memohon kepada Allah, agar memberitahukan kepadanya dimanakah Abid ini akan ditempatkan di akhirat kelak?". Allah Swt berfirman, "Wahai Musa, sampaikanlah kepadanya bahwa Aku akan melemparkannya di dasar Neraka-Ku yang paling dalam".
Kemudian nabi Musa mengabarkan kepada sang Abid apa yang telah difirmankan Allah Swt kepadanya. Abid itu sangat terkejut, dengan perasaan sedih dia beranjak dari hadapan Nabi Musa.
Malam harinya sang Abid terus memikirkan keadaan dirinya dan dia juga mulai memikirkan bagaimana keadaan saudara-saudaranya, temannya, dan orang lain, yang mana mereka baru beribadah selama 100/200 tahun dan mereka yang belum beribadah sebanyak dirinya, di mana tempat mereka kelak di akhirat?".
Keesokan harinya dia menjumpai nabi Musa, lalu berkata, "Wahai nabi Musa, Tolong sampaikan kepada Allah Swt, bahwa aku telah ridho dengan keputusan-Nya, dengan memasukkanku ke dalam Neraka, akan tetapi aku meminta satu permohonan kepada-Nya, agar setelah tubuhku ini dimasukkan ke dalam Neraka, maka jadikanlah tubuhku ini sebesar-besarnya sehingga seluruh pintu Neraka tertutup oleh tubuhku, hingga tidak akan ada lagi seorangpun yang dapat masuk ke dalam Neraka".
Nabi Musa menyampaikan permohonan Abid itu kepada Allah. Maka Allah Swt berfirman,  "Wahai Musa, sampaikanlah kepada Abid itu, bahwa Aku akan menempatkannya di Surga-Ku yang paling tinggi, karena sifat kasih sayangnya kepada makhluq-Ku yg lain".

No comments:

Post a Comment