Friday, August 25, 2017

PRAGRAF

Paragraf atau alinea merupakan sekumpulan kalimat yang saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain. Paragraf juga disebut sebagai karangan singkat, karena dalam bentuk inilah penulis menuangkan ide atau pikirannya sehingga membentuk suatu topik atau tema pembicaraan.

Kelengkapan pragraf yaitu:

1. Kalimat utama: Pembakaran hutan menimbulkan kerugian.

2. Kalimat penjelas: Menimbulkan penyakit, Mencemari lingkungan, Mengganggu perekonomian.

3. Kesatuan
Kalimat utama dan kalimat-kalimat penjelas pada paragraf tersebut saling mendukung satu sama lain. 

4. Padu
Paraagraf di atas menggunakan konjungsi – konjungsi yang tepat, sepeti selain itu, akibatnya, tidak hanya itu, dan lain – lain.

Contoh Paragraf yang Baik

Pembakaran hutan yang dilakukan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab menimbulkan beberapa kerugian di dalam masyarakat. Hasil dari pembakaran hutan yang berupa kabut asap memenuhi udara – udara sehingga terhirup oleh masyarakat. Akibatnya, banyak masyarakat yang terkena gangguan pernafasaan akibat menghirup racun – racun kabut asap. Selain itu, partikel – partikel asap yang sangat kecil itu akan terbawa oleh angin dan masuk ke dalam sungai, sumur, dan danau sehingga mencemari sumber – sumber air. Akibatnya, tidak ada lagi sumber air bersih yang bisa digunakan oleh warga untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, kabut asap yang sangat tebal menutupi jarak pandang sehingga sangat berbahaya untuk lalu lintas. Akibatnya, banyak warga yang memilih untuk berdiam diri di dalam rumah sehingga menyebabkan macetnya roda perekonomian. 

Paragraf di atas adalah paragraf yang padu mengenai dampak kabut asap.

Paragraf adalah kesatuan utuh yang terdiri dari kalimat-kalimat padu yang membawa gagasan utama atau inti permasalahan paragraf di dalamnya. Kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf terdiri atas dua jenis diantara yakni kalimat penjelas dan kalimat utama. Pada kalimat utama di dalamnya terdapat gagasan utama yang merupakan inti permasalahan yang sedang dibahas. Sedangkan kalimat penjelas bersifat sebagai pendukung dan penguat kalimat utama yang biasanya berisikan data, fakta, rincian, dan lain sebagainya.

SYARAT DAN KETENTUAN PARAGRAF YANG BAIK

Sebuah paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf yang baik jika telah memenuhi beberapa bagian di bawah ini, diantaranya ialah :

1. Kelengkapan Unsur Paragraf

Kelengkapan unsur paragraf cakupannya meliputi :

a. Gagasan utama / ide pokok

Gagasan utama / ide pokok / gagasan pokok adalah suatu hal yang menjadi pokok atau inti dari permasalahan yang tertuang pada kalimat utama pada sebuah paragraf. Gagasan utama juga merupakan inti masalah yang ingin disampaikan oleh penulis terhadap pembaca.

b. Kalimat Utama

Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang memuat gagasan utama di dalamnya dan merupakan inti permasalahan yang dibahas pada paragraf.

c. Kalimat Penjelas

Kalimat penjelas ialah kalimat yang berperan sebagai pendukung gagasan utama pada kalimat utama. Kalimat penjelas biasanya berisikan rincian, uraian, dan juga fakta yang menguatkan ide atau gagasan utama pada paragraf.

2. Kesatuan

Paragraf yang baik haruslah memenuhi syarat kesatuan utuh antar kalimat di dalam suatu paragraf. Maksudnya adalah antara gagasan utama di dalam kalimat utama dengan gagasan penjelas dalam kalimat penjelas harus saling berkaitan atau berhubungan satu sama lainnya. Tidak saling bertentangan kerena adanya kalimat sumbang di dalamnya.

3. Kepaduan

Kepaduan adalah suatu hubungan selaras antar kalimat yang saling mengikat satu dengan lainnya sehingga mampu menyampaikan gagasan utama dengan efektif dan sistematis. Kepaduan juga erat kaitannya dengan efektivitas kalimat (penggunaan kalimat efektif) serta penggunaan kata hubung (konjungsi) dan diksi yang tepat.


No comments:

Post a Comment